BLOG

on

Tunassumatera.co.id | Pernah merasakan jika listrik padam  saat  sedang bekerja? Ataupun saat Anda dan keluarga sedang santai di rumah dengan menonton televisi? Tentu sangat mengecewakan sekali, Dengan situasi seperti ini kita berharap listrik segera hidup kembali agar setiap aktivitas dan pekerjaan kita  berjalan dengan keadan normal. Untuk saat ini perangkat yang dibutuhkan saat listrik padam adalah genset.

Jika membahas tentang genset, tentu perlu memperhatikan bagaimana cara perawatan dari genset tersebut. Agar saat terjadi pemadaman listrik maka kebutuhan listrik tetap terjaga di kantor, kios, rumah sakit, bandar udara, dan tempat umum lainnya. Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat genset agar tetap dapat digunakan saat dibutuhkan.

1. Melakukan Pemanasan Genset

Jika di wilayah anda jarang sekali tejadi pemadaman listrik maka lakukanlah pemanasan genset anda bisa menjadwalkan setiap 1 minggu 1 kali. Setiap mesin mesti di perlakukan seperti ini, tidak hanya sepeda motor atau mobil, dengan tujuan yang sama yaitu agar mesin genset tetap berjalan baik atau hidup saat anda mulai menggunakannya. Setiap mesin khususnya genset yang telah dipanaskan tentu akan memungkinkan mesin genset bergerak dan tentunya kondisi mesin yang prima.

2. Merawat Sistem Pelumasan

Awet atau tidaknya sebuah mesin tergantung pada dasar sistem kerjanya, Sistem pelumanan memegang peranan penting maka periksalah tingkat ketinggian oli mesin pada saat kondisi mesin mati pada petunjuk yang ditentukan pada tabel. Di harapkan untuk menjaga ketinggian oli semaksimal mungkin dekat mungkin dengan full tanda pada dipsick dengan cara tambahkan oli berkualitas dan merk serupa. Mesin dimatikan selama 10 menit untuk dapat pembacaan yang akurat, hal ini bertujuan untuk memastikan oli bagian pada atas mesin dapat mengalir ke dalam bak mesin. Harap membuang oli bekas dafiltr bekas agar tidak terjadi kerusakan lingkungan.

3. Memeriksa Aki Pada Genset

Setiap genset memiliki sebuah Aki, Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemeriksaan aki pada genset dapat dilakukan dengan cara periksa jalur koneksi terminal pada aki supaya tidak longgar. Pada Sistem listrik DC (Aki) ini perlu diperhatikan tidak terjadi karat sebab hal ini dapat menghambat start pada genset. Hal lainnya yang tak kalah penting jangan lupa untuk periksa terminal pada baterai “start”.

4. Memeriksa Bahan Bakar

Jalannya sebuah genset tentu ada energi yang dihasilkan dari bahan bakar, Hal yang perlu diperhatikan yaitu pastikan filter alat bakar dalam kondisi baik. Jalur pada bahan bakar diharapkan juga tidak terjadi gesekan dengan benda apapun sebab hal itu akan menimbulkan kegagalan fungsi. Jika terjadi keretakan atau lecet pada “fitting” harap segera perbaiki.

5. Memeriksa Sistem Kontrol

Jalannya mesin genset dimulai pada sistem kontrol maka pemeriksaan sistem ini bertujuan untuk melancarkan suplai beban. Periksalah  secara teratur serta pastikan pada log data dengan benar selama dalam pemanasan mesin. Hal yag perlu diperhatikan juga untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke kondisi normal yaitu Automatic

6. Memeriksa Indikator Mesin

Kondisi mesin genset dapat diperiksa  dengan mengecek indikator mesin, hal ini dapat dilakukan dengan cara periksa tekanan oli dan suhu pada radiator. Selain itu, hal yang perlu di ingat untuk juga periksa performa pada mesin saat bekerja dengan cara mendengarkan mesin berbunyi. Jika terjadi masalah pada mesin genset biasanya ada peringatan awal. Harap waspada  jika terjadi kegagalan proses pembakaran getaran, knalpot yang mengeluarkan asap berlebihan, turunnya kekuatan dan intensitas  pada konsumsi oli mesin atau bahan bakar mesin.

7. Merawat Sistem Pendingin

Saat mesin genset bekerja sistem pendinginan tentu menjadi cara agar kondisi mesin terjaga dengan baik, maka perawatan sistem pendingin harus dilakukan serutin mungkin. Untuk itu gunakanlah kompresi udara tekanan yang rendah atau aliran air secara berlawanan arah. Perawatan sistem pendingin juga dapat dilakukan dengan memeriksa tinggi cairan pendingin (coolant) pad saat mesin tidak hidup.

8. Memeriksa Sistem Pembuangan

Mesin genset memiliki sistem pembuangan layaknya mesin pada umumnya, tentu pemeriksaan sistem pembuangan mesti ilakukan dengan melihat ataupun memeriksa knalpot. Jika asap yang dihasilkan tidak  berlebihan atau asap yang dihasilkan berlebihan maka disinyalir ada masalah dari kualitas bahan bakar yang mengalami kotor atau kualitas keluarnya udara sehingga layak untuk diperbaiki sesegera mungkin.

9. Gantilah Sparpart Genset

Tidak ada mesin bisa tetap kondisi prima apalagi jika mesin yang digunakan sudh dalam jangka waktu lama, maka penggantian sparepart genset adalah hal yang utama.  Jika anda membeli mesin secara baru anda dapat melihat buku panduan genset anda untuk mengetahui secara pasti komponen genset apa saja yang mesti diperbaiki dan waktu untuk melakukan penggantian tersebut. Anda juga bisa langsung mendatangi perusahaan tempat dimana Anda pernah membeli genset sebab perusahaan tersebut memiliki sparepart genset.

10. Kebersihan Genset Yang Terjaga

Ketika semua upaya perawatan dilakukan hal yang tak kalah penting yaitu kebersihan genset itu sendiri, denga bersihnya mesin maka performa genset akan terjaga. Hal yang perlu di ingat membersihan genset cukup dengan cara membersihkan kotoran, debu, benda asing yang mengganggu dengan menggunakan kuas atau kain lap bersih.

Inilah beberapa   tips dan trik bagaimana untuk merawat mesi genset. Tunas Sumatera sebagai perusahaan yang fokus pada jasa service genset rental genset, jual sparepart genset, jual beli genset memberikan layanan optimal pada Anda.

on

Sewa Alat Berat Murah / Rental Alat Berat Lampung

Seiring bertambahnya kebutuhan melakukan pekerjaan dibidang infrastruktur pembangunan maka penggunaan alat berat sebagai penunjang kerja manusia maka dengan ini kami CV. Tunas SUmatera dapat memberikan layanan jasa Sewa Alat Berat Lampung yang sesuai kebutuhan Anda. CV. Tunas Sumatera menyediakan beragam alat berat yang dapat anda sewa. Beberapa Alat berat yang kami sediakan adalah Loader, Wheel Loader, Forklift, Exavator, Backoe Loader Dan Lain-Lain . Disisi mengedepanlkan kualitas yang baik, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Kebutuhan dalam penggunaan alat berat untuk beragam pekerjaan anda dalam berbagai aktivitas pembangunan proyek dan bisnis sekarang ini semakin berkembang pesat, tentu alat berat dapat memudahkan berbagai pekerjaan anda dalam waktu yang cepat dan efisien.

Efisiensi yang ditawarkan pada alat berat tentu akan mampu menekan pengeluaran dalam pekerjaan anda serta dampaknya akan meningkatkan keuntungan. Membandingkan pekerjaan murni tenaga manual dengan menyewa alat berat tentu adalah hal yang cermat. Anda tidak perlu banyak membutuhkan tenaga manusia serta membinanya sehingga loyal bekerja kepada anda. Kombinasikan tenaga manusia dan alat berat, tidak akan menguras anda jika Anda menyewa alat berat, jika membandingkan dengan tenaga manusia, jumlah biaya pengeluaran, efisiensi & efektifitasnya tentu akan lebih baik menggunakan alat berat ketimbang menggunakan tenaga manual dalam menjalankan bisnis Anda.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar rental alat berat, silahkan hubungi kami :


WhatsApp Kami di Sini !